Simak 5 Langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula Berikut Ini

Produk tidak harus berupa barang, menjual jasa pun bisa menjadi usaha yang menjanjikan di masa depan. Setelah anda menemukan nilai keunikan produk, anda juga harus memahami produk yang anda jual. Hal ini berguna pada saat menentukan target pasar dan merancang strategi pemasaran. Blog atau website menjadi tempat dimana anda memajang gambar produk yg anda jual dan artikel pemasaran jasa anda. Orang bisa lebih mudah menemukan anda beserta jasa dan produk barang yang anda jual. Apapun yang anda pilih untuk dijual hendalah produk atau layanan yang mudah laku, atau produk/layanan yang dibutuhkan banyak orang.

Dengan berbisnis online, kamu bisa menjangkau konsumen secara lebih luas, sehingga usaha kamu semakin berpeluang untuk berkembang dan memiliki pelanggan di berbagai lokasi. Lain halnya jika kamu berbisnis secara konvensional, misal dengan membuka toko, tanpa berjualan di internet. Tentunya akan kecil kemungkinannya kamu bisa menjangkau pelanggan secara lebih luas. Selain karena keuntungan yang menjanjikan, bisnis online menawarkan berbagai kemudahan dengan memanfaatkan jaringan Internet. Cari tahu yuk, apa keuntungan berbisnis secara online, berbagai bidang dalam bisnis online, serta beberapa tips untuk memulai bisnis secara online. Apapun gaya yang kita miliki, tetap saja harus bisa mengekspresikan hal tersebut ke dalam sebuah situs web online yang akan dijadikan sebagai bisnis online awal. Sebelum memulai sebuah bisnis online, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah menentukan apa yang akan ditawarkan.

Kira-kira apa yang mau Anda tawarkan ke orang lain lewat media online. Carilah apa yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar Anda. Dengan menentukan bidang bisnis Anda, Anda bisa melihat tingkat konsumsi produk dan menghitung presentase peluang keberhasilan Anda dalam berbisnis online.

Walaupun telah mendapatkan sebuah ide dan tema untuk bisnis online, perlu kita ingat bahwa diluar sana mungkin ada orang yang memiliki ide sama. Salah satu ide yang bisa dicoba adalah ide bisnis makanan online. Karena makanan ini akan selalu diminati dan berkembang sesuai dengan trend. Sebelum benar-benar menjalani suatu siklus bisnis, Anda harus berlatih menjual lewat internet terlebih dahulu.

Kalau anda hendak bisnis online sebagai penayang iklan maka hendaklah anda menyajikan informasi yang banyak dicari pengunjung internet. Jadi kalau anda menjual barang atau menjual jasa dengan menggunakan website, blog atau aplikasi ONLINE maka anda bisa dikatakan melakukan bisnis online. Barang atau jasa yang ingin kamu jual tentu memiliki target dan segmentasi yang bervariasi.

Setelah memilih beberapa toko, carilah toko yang memiliki barang paling murah. Pembelian barang akan lebih murah jika kamu membeli dalam jumlah besar, lusinan atau kodian.

Kamu perlu mengetahui target dan segmentasi dari barang atau jasa yang ingin kamu tawarkan kepada pelanggan. Kamu perlu mempertimbangkan target pembeli kamu dari aspek geografi, demografi, dan psikologi. Jangan menjual jaket atau pakaian hangat jika kamu tinggal di daerah tropis. Jika kamu ingin menjual barang-barang aksesoris wanita, maka kamu tidak perlu terfokus dengan pembeli pria. Kamu dapat menghias feed Instagram kamu dengan warna-warna yang menarik untuk wanita, karena kamu menentukan wanita sebagai segmentasi penjualan barang kamu. Kemudian setelah kamu menentukan produk, kamu perlu mencari dan menentukan supplier atau pemasok barang. Berselancarlah di internet untuk mencari barang-barang yang ingin kamu jual di marketplace, cari toko yang memiliki ulasan terbaik karena menandakan toko tersebut menjual barang yang bagus.